فعن جُبَيْرِ
بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ
لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن
Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.[1]
Imam Ahmad rahimahullah berkata,
وَلَا بَأْسَ أَنْ يَقُولَ الرَّجُل لِلرَّجُلِ يَوْمَ الْعِيدِ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك
“Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka.”
وَقَالَ
حَرْبٌ : سُئِلَ أَحْمَدُ عَنْ قَوْلِ النَّاسِ فِي الْعِيدَيْنِ تَقَبَّلَ
اللَّهُ وَمِنْكُمْ .قَالَ : لَا بَأْسَ بِهِ ، يَرْوِيه أَهْلُ الشَّامِ
عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قِيلَ : وَوَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ ؟ قَالَ :
نَعَمْ .قِيلَ : فَلَا تُكْرَهُ أَنْ يُقَالَ هَذَا يَوْمَ الْعِيدِ .قَالَ
: لَا .
Salah seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya
mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan
‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?”
Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.” Kisah tadi
diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.
Ada pula yang mengatakan, “Apakah Watsilah bin Al Asqo’ juga
berpendapat demikian?” Imam Ahmad berkata, “Betul demikian.” Ada pula
yang mengatakan, “Mengucapkan semacam tadi tidaklah dimakruhkan pada
hari raya ‘ied.” Imam Ahmad mengatakan, “Iya betul sekali, tidak
dimakruhkan.”
وَذَكَرَ
ابْنُ عَقِيلٍ فِي تَهْنِئَةِ الْعِيدِ أَحَادِيثَ ، مِنْهَا ، أَنَّ
مُحَمَّدَ بْنَ زِيَادٍ ، قَالَ : كُنْت مَعَ أَبِي أُمَامَةَ
الْبَاهِلِيِّ وَغَيْرِهِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانُوا إذَا رَجَعُوا مِنْ الْعِيدِ يَقُولُ
بَعْضُهُمْ لَبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك .وَقَالَ أَحْمَدُ
: إسْنَادُ حَدِيثِ أَبِي أُمَامَةَ إسْنَادٌ جَيِّدٌ .
Ibnu ‘Aqil menceritakan beberapa hadits mengenai ucapan selamat di
hari raya ‘ied. Di antara hadits tersebut adalah dari Muhammad bin
Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Jika mereka kembali
dari ‘ied (yakni shalat ‘ied, pen), satu sama lain di antara mereka
mengucapkan, ‘Taqobbalallahu minna wa minka’.” Imam Ahmad mengatakan
bahwa sanad riwayat Abu Umamah ini jayyid.
‘Ali bin Tsabit berkata, “Aku pernah menanyakan pada Malik bin Anas
sejak 35 tahun yang lalu.” Ia berkata, “Ucapan selamat semacam ini tidak
dikenal di Madinah.”
Diriwayatkan dari Ahmad bahwasanya beliau berkata, “Aku tidak
mendahului dalam mengucapkan selamat (hari raya) pada seorang pun. Namun
jika ada yang mengucapkan selamat padaku, aku pun akan membalasnya.”
Demikian berbagai nukilan riwayat sebagaimana kami kutip dari Al Mughni[2].
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah menjelaskan, “Adapun tentang ucapan selamat (tah-niah) ketika hari ‘ied seperti sebagian orang mengatakan pada yang lainnya ketika berjumpa setelah shalat ‘ied, “Taqobbalallahu minna wa minkum wa ahaalallahu ‘alaika”
dan semacamnya, maka seperti ini telah diriwayatkan oleh beberapa
sahabat Nabi. Mereka biasa mengucapkan semacam itu dan para imam juga
memberikan keringanan dalam melakukan hal ini sebagaimana Imam Ahmad dan
lainnya. Akan tetapi, Imam Ahmad mengatakan, “Aku tidak mau
mendahului mengucapkan selamat hari raya pada seorang pun. Namun kalau
ada yang mengucapkan selamat padaku, aku akan membalasnya”. Imam
Ahmad melakukan semacam ini karena menjawab ucapan selamat adalah wajib,
sedangkan memulai mengucapkannya bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Dan
sebenarnya bukan hanya beliau yang tidak suka melakukan semacam ini.
Intinya, barangsiapa yang ingin mengucapkan selamat, maka ia memiliki qudwah (contoh). Dan barangsiapa yang meninggalkannya, ia pun memiliki qudwah (contoh).”[3]
Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah ditanya, “Apa hukum mengucapkan selamat hari raya? Lalu adakah ucapan tertentu kala itu?”
Beliau rahimahullah menjawab, “Ucapan selamat ketika hari
raya ‘ied dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa
diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung
kesalahan (dosa).”[4]
Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah ditanya, “Apa hukum jabat tangan, saling berpelukan dan saling mengucapkann selamat setelah shalat ‘ied?”
Syaikh rahimahullah menjawab, “Perbuatan itu semua
dibolehkan. Karena orang-orang tidaklah menjadikannya sebagai ibadah dan
bentuk pendekatan diri pada Allah. Ini hanyalah dilakukan dalam rangka
‘adat (kebiasaan), memuliakan dan penghormatan. Selama itu hanyalah adat
(kebiasaan) yang tidak ada dalil yang melarangnya, maka itu asalnya
boleh. Sebagaimana para ulama katakan, ‘Hukum asal segala sesuatu adalah
boleh. Sedangkan ibadah itu terlarang dilakukan kecuali jika sudah ada
petunjuk dari Allah dan Rasul-Nya’.”[5]
Dari penjelasan di atas, berarti ucapan selamat hari raya itu bebas,
bisa dengan ucapan “Selamat Hari Raya”, “Taqobbalallahu minna wa minkum”
dan lainnya. Ucapan “Taqobbalallahu minna wa minkum” pun tidak
dikhususkan saat Idul Fithri, ketika Idul Adha dianjurkan ucapan semacam
ini sebagaimana kita dapat melihat dalam penjelasan berbagai riwayat di
atas.
Satu catatan pula yang mesti diperhatikan, tidak ada pengkhususan di
Idul Fithri untuk saling maaf memaafkan. Semacam sering kita dengar
tersebar ucapan “Mohon Maaf Lahir dan Batin” saat Idul Fitrhi.
Seolah-olah saat Idul Fithri hanya khusus dengan ucapan semacam itu. Ini
sungguh salah kaprah. Idul Fithri bukanlah waktu khusus untuk saling
maaf memaafkan. Waktu untuk saling memohon maaf itu luas. Ketika berbuat
salah, langsung meminta maaf, itulah yang tepat. Tidak mesti di saat
Idul Fithri. Karena jika dikhususkan seperti ini harus butuh dalil dari
Al Qur’an dan Al Hadits. Buktinya, tidak ada satu dalil yang menunjukkan
seperti ini.
Satu ucapan lagi yang keliru saat Idul Fithri, yakni ucapan “Minal
‘Aidin wal Faizin”. Ucapan ini dari segi makna kurang bagus. Arti dari
ucapan tersebut adalah “Kita kembali dan meraih kemenangan”. Ini suatu
kalimat yang rancu. Kita mau kembali ke mana? Apa pada ketaatan atau maksiat?
Jika mengandung dua makna seperti ini hendaknya ditinggalkan. Karena
bisa jadi orang memahami yang dimaksud adalah kita kembali pada maksiat.
Artinya, ibadah hanya di bulan Ramadhan saja, setelah itu sah-sah saja
untuk maksiat, sah-sah saja untuk tinggalkan shalat dan ibadah wajib
lainnya. Akibat ucapan keliru, berujung pada amalan yang keliru.
Satu hal lagi yang mesti dipahami, makna “Minal ‘Aidin wal Faizin”
adalah sebagaimana yang kami sebutkan di atas. Dan bukan maknanya adalah
“Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Setiap kali ada yang ucapkan “Minal
‘Aidin wal Faizin” lantas diikuti dengan kalimat “Mohon Maaf Lahir dan
Batin”. Dikira artinya adalah kalimat selanjutnya. Ini sungguh keliru.
Ini pemahaman orang yang tidak paham bahasa Arab. Semestinya hal ini
diluruskan. Makna kalimat “Minal ‘Aidin wal Faizin” adalah “Kita kembali
dan meraih kemenangan”. Namun sebagaimana diterangkan di atas, dari
sisi makna kalimat ini keliru. Sehingga sudah sepantasnya kita hindari.
Ucapan yang lebih baik adalah sebagaimana telah dikemukakan di awal
tulisan dan dicontohkan langsung oleh para sahabat, yakni “Taqobbalallahu minna wa minkum (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian)”.
Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Dan semoga bisa meluruskan kekeliruan yang selama ini ada.
Artikel www.rumaysho.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar