Terdapat
perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai hal ini. Ada yang
membolehkannya, seperti : Mujaahid, Abu Qilaabah, Al-Hasan, dan
Al-Auza’iy [lihat Al-Mushannaf oleh Ibnu Abi Syaibah 7/386, At-Tibyaan oleh An-Nawawiy hal. 127, dan Syarhus-Sunnah oleh Al-Baghawiy 12/166]. Ada pula yang memakruhkannya, seperti : Ibrahim An-Nakha’iy dan Ibnu Siiriin [lihat Syarhus-Sunnah oleh Al-Baghawiy 12/166 dan Al-Mushannaf oleh Ibnu Abi Syaibah 7/387].
عن
ابن عباس قال : إذا عَسِر على المرأة ولدها، فيكتب هاتين الآيتين والكلمات
في صحفة، ثم تُغسل فتسقى منها : بسم الله الذي لا إله إلا هو الحليم
الكريم، سبحان الله ربِّ السماوات السبع، وربِّ العرش العظيم، كَأَنَّهُمْ
يَوْمَ يَرَوْنَهَا لَمْ يَلْبَثُوا إِلا عَشِيَّةً أَوْ ضُحَاهَا -
كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلا سَاعَةً
مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ
Dari
Ibnu ‘Abbas ia berkata : “Apabila ada seorang wanita yang kesulitan
dalam proses persalinan anaknya, hendaklah ditulis dua ayat dan beberapa
kalimat dalam secarik kertas (yang direndam dalam bejana). Kemudian
(air bejana itu) dibasuhkan dan diminumkan kepadanya. Kalimat tersebut
adalah : “Dengan menyebut nama
Allah, tidak ada tuhan yang berhak disembah melainkan Dia, Yang Maha
Penyantun lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Rabb langit yang tujuh dan
Rabb ‘Arsy yang agung - Pada hari mereka melihat hari berbangkit itu,
mereka merasa seakan-akan tidak tinggal (di dunia) melainkan (sebentar
saja) di waktu sore atau pagi hari (QS. An-Naazi’aat : 46) - Pada hari
mereka melihat ‘adzab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah
tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah)
suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang
fasik (QS. Al-Ahqaaf : 35)” [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf 7/385 dan Ibnus-Sunniy dalam ‘Amalul-Yaum wal-Lailah no. 619. Lihat juga Majmu’ Al-Fataawaa oleh Syaikhul-Islaam Ibnu Taimiyyah 19/64-65].
Di antara ulama yang membolehkan adalah Syaikhul-Islam rahimahullah dimana beliau berkata :
ويجوز أن يكتب للمصاب وغيره من المريض شيئاً من كتاب الله وذكره بالمداد المباح ويغسل ويسقى، كما نص على ذلك أحمد وغيره.
“Diperbolehkan
untuk menuliskan ayat Al-Qur’an dan dzikir-Nya (pada bejana yang berisi
air) bagi orang yang sedang sakit atau yang lainnya dengan tinta yang
diperbolehkan, kemudian membasuhkannya dan meminumkannya. Sebagaimana
hal itu ditegaskan Ahmad dan yang lainnya” [Majmu’ Al-Fataawaa, 19/64].
Setelah menyebutkan atsar Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma di atas, Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah membawakan perkataan ‘Abdullah bin Ahmad rahimahumulllah :
رأيتُ أبي يكتب للمرأة في جَامٍ أو شيء نظيف.
“Aku pernah melihat ayahku (yaitu Ahmad bin Hanbal) menulis di dalam bejana air atau sesuatu yang bersih untuk seorang wanita” [idem].
Al-Haafidh Ibnul-Qayyim rahimahullah mengisyaratkan kebolehan cara ini dengan perkataannya :
ورأى
جماعة من السَّلَف أن تُكتب له الآياتُ مِن القرآن، ثم يشربَها. قال
مجاهد: لا بأس أن يكتُبَ القرآنَ، ويغسِلَه، وَيْسقِيَه المريضَ، ومثلُه عن
أبى قِلابَةَ. ويذكر عن ابن عباس: أنه أمر أن يُكَتبَ لامرأة تَعَسَّرَ
عليها
وِلادُها أثرٌ من القرآن، ثم يُغسل وتُسقى. وقال أيوب: رأيتُ أبا قِلابَةَ كتب كتاباً من القرآن، ثم غسله بماء، وسقاه رجلاً كان به وجعٌ.
وِلادُها أثرٌ من القرآن، ثم يُغسل وتُسقى. وقال أيوب: رأيتُ أبا قِلابَةَ كتب كتاباً من القرآن، ثم غسله بماء، وسقاه رجلاً كان به وجعٌ.
“Banyak
di kalangan salaf yang berpendapat agar dituliskan baginya ayat-ayat
Al-Qur’an, kemudian diminumkan kepadanya. Mujaahid berkata : ‘Tidak
mengapa menulis ayat Al-Qur’an (pada bejana air), lalu membasuh
dengannya dan meminumkannya kepada orang yang sakit’. Ada riwayat yang
semisal dari Abi Qilaabah. Disebutkan dari Ibnu ‘Abbas, bahwasannya ia
memerintahkan agar dituliskan ayat Al-Qur’an (pada bejana air) bagi
wanita yang kesulitan dalam persalinan, yang kemudian membasuhkan airnya
dan meminumkannya. Ayyub berkata : ‘Aku pernah melihat Abu Qilaabah
menulis sebagian ayat Al-Qur’an (pada sebuah bejana air), kemudian ia
membasuh dirinya dengan air itu dan meminumkannya pada seorang laki-laki
yang sedang sakit” [Ath-Thibbun-Nabawiy, hal. 147, tahqiq : As-Sayyid Al-Jumailiy; Daarul-Kitaab Al-‘Arabiy, Cet. 1/1410 H].
Berikut fatwa Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim rahimahullah saat beliau ditanya tentang hukum menulis ayat Al-Qur’an pada bejana air bagi orang sakit yang kemudian membasuhkan airnya dan meminumkannya :
لا
يظهر في جواز ذلك بأْس, وقد ذكر ابن القيم رحمه الله : أَن جماعة من السلف
رأَوا أَن يكتب للمريض الآيات من القرآن ثم يشربها، قال مجاهد: لا بأْس
أَن يكتب القرآن ويغسله ويسقيه المريض. ومثله عن أَبي قلابة، ويذكر عن ابن
عباس أَنه أَمر أَن يكتب لامرأَة تعسرت عليها ولادتها أَثر من القرآن ثم
يغسل وتسقى. وبالله التوفيق. وصلى الله على محمد.
“Tentang kebolehannya, maka tidak ada satu hal yang melarangnya. Ibnul-Qayyim rahimahullah telah
menyebutkan : Bahwasannya banyak di kalangan salaf yang berpendapat
agar dituliskan baginya ayat-ayat Al-Qur’an, kemudian diminumkan
kepadanya. Mujaahid berkata : ‘Tidak mengapa menulis ayat Al-Qur’an
(pada bejana air), lalu membasuh dengannya dan meminumkannya kepada
orang yang sakit’. Ada riwayat yang semisal dari Abi Qilaabah.
Disebutkan dari Ibnu ‘Abbas, bahwasannya ia memerintahkan agar
dituliskan ayat Al-Qur’an (pada bejana air) bagi wanita yang kesulitan
dalam persalinan, yang kemudian membasuhkan airnya dan meminumkannya. Wabillaahi-taufiq, wa shallallaahu ‘alaa Muhammad” [Majmu’ Fataawaa wa Rasaail oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim, 1/582, tanggal 28 Shaffar 1384 H].
Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah juga memberikan fatwa tentang kebolehannya apabila orang yang melakukannya dikenal sebagai orang yang baik dan istiqamah.[1]
Akan
tetapi Al-Lajnah Ad-Daaimah memberikan fatwa yang berbeda dengan
beberapa ulama di atas. Mereka (Lajnah) memberikan penjelasan sebagai
berikut :
.....وأما
كتابة سورة أو آيات من القرآن في لوح أو طبق أو قرطاس وغسله بماء أو
زعفران أو غيرهما وشرب تلك الغسلة رجاء البركة أو استفادة علم أو كسب مال
أو صحة وعافية ونحو ذلك - فلم يثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه فعله
لنفسه أو غيره ولا أنه أذن فيه لأحد من أصحابه أو رخص فيه لأمته مع وجود
الدواعي التي تدعو إلى ذلك، ولم يثبت في أثر صحيح فيما علمنا عن أحد من
الصحابة رضي الله عنهم أنه فعل ذلك أو رخص فيه، وعلى هذا فالأولى تركه،
.....
“….Adapun
tentang penulisan satu surat atau beberapa ayat Al-Qur’an dalam sebuah
papan, tanah liat, atau kertas, dan dibasuh dengan air, minyak,
za’faran, atau yang lainnya, kemudian air basuhan tersebut diminum
dengan mengharapkan keberkahan atau mengambil faedah keilmuan, mencari
kesehatan atau keselamatan, serta lainnya; maka kami tidak mengetahui
dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bahwa beliau pernah melakukannya untuk diri beliau sendiri atau orang
lain. Beliau juga tidak mengijinkan untuk melakukannya kepada seorang
shahabat pun radliyallaahu ‘anhum atau
memberikan keringanan mengenainya bagi umat beliau, padahal ada banyak
hal yang mendorong untuk melakukannya. Di samping itu, tidak disebutkan
dari seorang shahabat pun dalam satu atsar yang
shahih – menurut sepengetahuan kami – bahwa beliau pernah melakukannya
atau memberikan keringanan mengenainya. Atas dasar ini, maka
meninggalkan perbuatan itu lebih utama…” [Fataawaa Al-Lajnah Ad-Daaimah, 1/245-246].
Mengenai atsar Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma di atas, maka ia berkualitas dla’if. Adapun cacat riwayat tersebut terletak pada Ibnu Abi Lailaa. Al-Haafidh berkata : “Shaduuq (jujur), sayyiul-hifdhi jiddan (hapalannya sangat jelek)” [Taqribut-Tahdzib, hal. 871 no. 6121, tahqiq : Abu Asybal Al-Bakistaniy; Daarul-‘Aashimah]. Atsar ini di-dla’if-kan oleh Basyir Muhammad ‘Uyuun dalam tahqiq-nya terhadap kitab ‘Amalul-Yaum wal-Lailah hal. 292 (Maktabah Daaril-Bayaan, Cet. 1/1407 H). Oleh karena itu, tidak sah berhujjah dengan atsar ini – sebagaimana jumhur ulama berdalil dengannya untuk menyatakan kebolehannya.
Yang raajih lagi selamat di antara dua pendapat tersebut adalah pendapat yang menyatakan status hukum ke-makruh-annya. Dalam hal ruqyah, kita telah dicukupkan dengan yang diajarkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, dan beliau adalah sebaik-baik contoh untuk ditiru. Wallaahu a’lam.
Semoga ada manfaatnya.
[Abu Al-Jauzaa’ Al-Bogoriy – http://abul-jauzaa.blogspot.com – Perumahan Ciomas Permai, Ciapus, Ciomas, Bogor; 18 Syawwal 1430 H – banyak mengambil manfaat dari buku At-Tabarruk Anwaa’uhu wa Ahkaamuhu oleh
Dr. Naashir bin ‘Abdirrahman bin Muhammad Al-Judai’, hal. 232-235,
Maktabah Ar-Rusyd, Cet. Thn. 1411 H; dengan beberapa tambahan].
[1] Lihat Majalah Ad-Da’wah, edisi 997, tanggal 13 Syawwal 1405 H, hal. 27 – terbitan Riyadl.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar